PENELITIAN AGAMA

PENELITIAN DAN PENELITIAN AGAMA

Oleh  Rustina N
Penelitian (reseach) adalah upaya sistematis dan obyektif untuk mempelajari suatu masalah dan menemukan prinsip-prinsip umum. Penelitian juga berarti upaya pengumpulan informasi yang bertujuan untuk menambah pengetahuan.
Penelitian dipandang sebagai kegiatan ilmiah karena menggunakan metode keilmuan, yakni gabungan antara pendekatan rasional dan pendekatan empiris. Pendekatan rasional menggunakan kerangka pemikiran yang logis, sedangkan pendekatan empiris merupakan kerangkan pengujian dalam memastikan kebenaran.
Sebagaimana diketahui bahwa agama mengandung dua kelompok ajaran, yaitu ajaran dasar yang diwahyukan Tuhan melalui para rasul-Nya dan ajaran agama yang merupakan penjelasan-penjelasan para pemuka agama.
Para ilmuwan beranggapan bahwa agama merupakan pula obyek kajian atau penelitian, karena agama merupakan bagian dari kehidupan sosial kultural. Penelitian agama yang dimaksud bukanlah meneliti hakekat agama dalam arti wahyu, melainkan meneliti manusia yang menghayati, meyakini, dan memperoleh pengaruh dari agama. Dengan kata lain, penelitian agama bukan meneliti kebenaran teologi atau filosofi tetapi bagaimana agama itu ada dalam kebudayaan dan sistem sosial berdasarkan fakta atau realitas sosial-kultural.
Adapun wilayah penelitian agama adalah:
– Agama yang terwujud dalam bentuk pengetahuan dan pikiran manusia yang merupakan bagian dari budaya, misalnya gagasan para ahli filsafat, ahli kalam, ahli fikih, dan para sufi. Itu semua wilayah budaya atau filsafat.
– Agama yang terwujud dalam bentuk tindakan dan sikap manusia merupakan produk interaksi sosial. Ini merupakan wilayah ilmu sosial dan ilmu sejarah.
– Agama yang terwujud dalam dalam bentuk benda-benda suci atau keramat, seperti mesjid yang bernilai historis tinggi, bangunan candi, bedug. Ini adalah wilayah kajian antropologi dan arkeologi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: